Sekilas Tentang Hulk

HULK adalah tokoh rekaan ciptaan Stan Lee dan Jack Kirby. Tokoh ini pertama kali muncul dalam komik The Incredible Hulk terbitan Marvel Comics pada Mei 1962. Hulk adalah sosok raksasa manusia biasa yang terjadi akibat perubahan fisik. Sebuah alter ego yang emosional dan impulsif dari seorang dokter yang tersisihkan, Dr. Bruce Banner.

Sosok Hulk muncul setelah Dr. Banner secara tidak sengaja terkena tes ledakan dari bom gamma yang ia temukan. Setelah kejadian itu, jika emosinya tersulut hingga titik tertentu, Banner akan berubah menjadi Hulk. Ia digambarkan sebagai seorang raksasa, monster humanoid, dengan kekuatan yang tidak terbayangkan dan berada di luar kendali alam sadar Dr. Banner. Menurut Stan Lee, Hulk diilhami oleh kombinasi buku fiksi Dr. Jekyll and Mr. Hyde (bercerita tentang dua kepribadian dalam satu tubuh) dan Frankenstein (berkisah tentang manusia buatan yang memiliki kekuatan raksasa).

Makin Marah Makin Kuat
Dalam sejumlah publikasi, Hulk digambarkan memiliki warna kulit berbeda-beda. Namun, yang paling sering adalah penggambaran mengenai kulitnya yang berwarna hijau. Sebagai Hulk, Banner sanggup memunculkan kekuatan luar biasa, sejalan dengan tingkat kemarahan tokoh ini. Semakin marah si tokoh, Hulk pun semakin kuat.

Selain kemarahan, emosi yang kuat seperti teror dan kesedihan juga menjadi pemicu perubahan fisik Banner menjadi Hulk. Dalam kebanyakan alur ceritanya, Banner (dan Hulk) sering dikejar oleh polisi dan angkatan bersenjata Amerika Serikat karena perusakan yang telah ia lakukan.

Selain dalam komik, sosok Hulk telah muncul dalam berbagai media, misalnya dalam serial televisi, enam film televisi, dan serial animasi televisi, juga film Hulk (2003) dan The Incredible Hulk (2008), serta tiga seri animasi dan berbagai video game.

Box Office
The Incredible Hulk adalah serial televisi produksi Amerika yang pertama kali ditayangkan jaringan CBS yang dimulai 4 November 1977, dilanjutkan mulai 10 Maret 1978 hingga 2 Juni 1982. Serial ini dibintangi Bill Bixby sebagai Dr. David Banner dan Lou Ferrigno sebagai Hulk, dengan produser, penulis cerita, dan sekaligus sutradara Kenneth Johnson.

Hulk (atau dikenal juga dengan judul The Hulk dan di beberapa negara The Incredible Hulk) adalah film Amerika yang dirilis pada 2003. Film ini disutradarai Ang Lee, dengan bintang-bintang Eric Banna sebagai Dr. Bruce Banner, Jennifer Connelly (Betty Ross), Sam Elliott (Jenderal Thaddeus “Thunderbolt” Ross, ayah Betty), Nick Nolte (David Banner, ayah Bruce), dan Josh Lucas (Mayor Glenn Talbot). Sosok Hulk sendiri dibuat dengan teknik animasi. Film Hulk dibuat sebagian besar di California, terutama di San Francisco Bay Area. Secara total film ini menghasilkan keuntungan lebih dari 245 juta dolar AS.

Rilis Ulang
Marvel Studios merilis ulang film ini pada 2008 dengan judul The Incredible Hulk. Film ini disutradarai Louis Leterrier dan dibintangi Edward Norton sebagai Dr. Bruce Banner, William Hurt (Jenderal Thaddeus “Thunderbolt” Ross), dan Liv Tyler (Betty Ross). Film ini dibuat di Toronto, Kanada, pada 2007. Film ini menjadi box office di seluruh dunia dan, sampai dengan 6 April 2009, menghasilkan keuntungan lebih dari 263 juta dolar AS, ditambah dari penjualan DVD lebih dari 58 juta dolar AS.


StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright 2011 Metal Blogspot - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore