Misteri Dibalik Kemunduran CEO Yahoo!

Ia turut melahirkan bayi itu dan membuatnya menjadi raksasa. Jerry Yang, pendiri Yahoo!, resmi melepaskan "bayi"-nya itu. Dalam siaran pers, Selasa, 17 Januari 2012, Yang menyatakan mundur dari Yahoo! Ia juga mundur dari semua posisi di perusahaan mesin pencari tersebut. Ada apa di balik mundurnya bos kelahiran Taiwan 6 November 1968 ini?

Yang mengatakan resmi mundur dari Dewan Direksi Yahoo!. Ia juga mundur dari Yahoo Japan and Alibaba Group. "Masa kerja saya di Yahoo!, sejak berdiri sampai sekarang, telah memberi pengalaman paling menggembirakan dan menyenangkan dalam hidup saya. Namun, sudah waktunya saya mengejar keinginan lain di luar Yahoo!," uangkap Yang dalam surat kepada Ketua Dewan, Roy Bostock.

Yang telah membesarkan Yahoo! selama 17 tahun. Setelah mundur, Yang meminta Scott Thompson menjadi Kepala Pejabat Pelaksana karena kemampuannya. "Saya yakin seluruh tim akan membimbing Yahoo! memasuki masa depan menggairahkan dan hasil bagus," ucapnya.


Yang menjabat sebagai anggota Dewan Direksi Yahoo! sejak perusahaan itu berdiri pada 1995. Ia melahirkan situs pencari itu bersama David Filo. Yang menjadi kepala pejabat pelaksana mulai Juni 2007 sampai Januari 2009.


Kepergian Yang terjadi hanya dua pekan setelah Yahoo! merekrut pendiri PayPal Scott Thompson sebagai CEO baru. Sejumlah analis menduga mundurnya Yang ini terkait dengan upaya Microsoft mengambil alih Yahoo! Ketika Yang menjadi CEO pada 2008, ia menolak tawaran Microsoft Corp senilai US$ 44 miliar.


Yang masih ngotot tak mau melepaskan sahamnya kepada Microsoft. Pada awal Januari, ia mengatakan takkan mendukung upaya pengambilalihan seluruh perusahaan itu. Sebagian pemegang saham Yahoo! telah menyerukan pengunduran diri Yang. Padahal, sejumlah analis menyebutkan bahwa Yang adalah 'nyawa' bagi Yahoo!


StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright 2011 Metal Blogspot - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore