Biografi Pele

Pele adalah legenda sepakbola dunia yang mendominasi dunia sepakbola selama dua dasawarsa. Ia membawa Brasil tiga kali juara dunia (1958, 1962 dan 1970). Terlahir dengan nama Edson Arantes do Nascimento 23 Oktober 1940. Ia menekuni dunia sepakbola sejak usia 10 tahun dan ditemukan oleh pemain sepakbola Waldemar de Brito pasa usia 11 tahun saat bekerja sebagai penyemir sepatu. Empat tahun kemudian de Brito membawa Pele ke Sao Paolo dan membujuk direktur tim Profesional Santos untuk merekrut Pele. De Brito mengungkapkan keyakinannya bahwa Pele akan menjadi pemain sepakbola terhebat di muka bumi. 
Keyakinan de Brito terbukti tahun 1962 dan 1963 saat Santos berhasil menggondol juara antar klub, bahkan menjadi pencetak gol terbanyak di liga Brasil. Nama Pele terus melejit ketika Brasil berhasil menjadi juara dunia tahun 1958. Pele yang baru masuk timnas Brasil memperlihatkan bakat luar biasa. Dalam dua piala dunia berikutnya tahun 1962 dan 1970, peran Pele sangat besar hingga Brasil dapat merengkuh trofi piala dunia 3 kali. Pada piala dunia 1966 Brasil di favoritkan menjadi juara. Pele dan Garrincha masing-masing telah mencetak satu gol ketika Brasil mengalahkan Bulgaria. Banyaknya pemain cedera membuat permainan Brasil kurang tajam. Pele menjadi bulan-bulanan bek-bek lawan. Ia di jegal, di tabrak dan menjadi sasaran tackling kasar. Brasil akhirnya tersisih setelah kalah dari Hongaria dan Portugal yang di motori Eusebio. Pada piala dunia 1970 di Meksiko, dengan sebagian besar pemain muda Brasil kembali menjadi favorit juara. Dipertandingan final, Brasil berhadapan dengan Italia. Di babak pertama Pele mencetak gol hingga babak pertama berakhir imbang 1-1. Di babak kedua Brasil sukses menundukkan Italia 4-1 dengan gol tambahan Gerson, Jairzinho dan Carlos Alberto. Brasil akhirnya menjadi juara ke tiga kalinya. 

Pele sangat dihormati tidak saja di dunia sepakbola, ia bahkan pernah menghentikan perang. Ketika Pele datang tahun 1967 untuk melakukan pertandingan eksebisi di Nigeria, pihak-pihak yang bertikai dalam perang saudara menyerukan gencatan senjata selama 48 jam sehingga Pele bisa bermain di ibukota Nigeria Lagos. Sebagai pemain sepakbola, Pele berhasil menggapai puncak prestasi dalam waktu relatif lama dibandingkan pemain lainnya. Hanya beberapa pemain saja yang mampu tampil prima selama lima tahun, namun Pele tetap tampil memukau selama 18 tahun. Pele terus bermain untuk tim Santos hingga tahun 1974. Setelah itu, tahun 1975 ia bergabung dengan klub Amerika Cosmos dengan kontrak mencapai 7 juta dolar dan memecahkan rekor transfer tertinggi saat itu. Pele bermain selama tiga tahun dan menutup karirnya bersama Cosmos dengan gelar juara liga Amerika Utara tahun 1977.


StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright 2011 Metal Blogspot - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore