Cerita Misteri Misteri Menurut Metal Blogspot

Jika kamu ditanya cerita misteri itu apa, mungkin kamu akan langsung menjawab cerita misteri rumah berhantu atau misteri UFO. Begitu, kan? Padahal sebenarnya cangkupan cerita misteri itu luas, lho. Tidak hanya berkisar hal gaib saja. Sue Grafton dalam pendahuluan di buku  Writing Mysteries mengatakan bahwa genre (baca: jangre) misteri itu memayungi banyak subgenre seperti: traditional whodunit, the private eye, the classic puzzle, the police procedural, action/adventure (nah ini baru bisa diartikan sebagai cerita petualangan), thriller, espionage (cerita mata-mata),  pyschological dan romantic suspense. Jadi sebenarnya, cangkupan cerita misteri itu bisa luas sekali. Kalau kamu masih bingung beda antara satu dengan yang lain, nanti kita akan pelajari bersama-sama.

Yang jelas, yang namanya cerita misteri itu bertujuan untuk memecahkan sebuah teka-teki yang diletakkan di halaman awal. Misalnya, ditemukan sebuah mayat di depan Istana Merdeka. Yang harus dilakukan tokoh dalam cerita misteri itu adalah mencari tahu siapa pelakunya dan juga alasan melakukannya. Apakah itu ada hubungannya dengan keamanan negara (nah ini akan jatuh pada cerita misteri mata-mata. Atau mungkin akan jadi cerita suspense atau mungkin malah awal dari sebuah petualangan? 

Yang menarik (dan mungkin membuat genre cerita misteri ini terlihat sulit adalah) penulis dituntut untuk meletakkan petunjuk di beragam tempat. Mungkin ternyata korban adalah pegawai kereta api. Apakah ini ada artinya atau cuma kebetulan belaka. Begitu juga kalau ternyata ada seorang narapidana mantan teroris yang berkeliaran di sekitar tempat kejadian. Apakah ia memiliki kaitan dengan kejadian ini atau tidak?

Pada akhirnya, sebuah cerita misteri yang menarik haruslah memberi kepuasan kepada pembaca. Itu bisa berarti pelaku akhirnya tertangkap atau mungkin ada alasan mengapa pelaku membunuh korban. Tapi tidak berarti pelaku harus tertangkap, lho. Karena bisa jadi, pelaku tetap bebas karena hukum yang berlaku dan lain-lain. Yang jelas, penulis yang baik harus bisa menjelaskan mengapa akhir ceritanya haruslah seperti itu.


StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright 2011 Metal Blogspot - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore