Istilah-Istilah Dalam Manga Bloody Monday

Back-Up : Membuat Copy dari suatu program atau data untuk berjaga-jaga bila program atau data tersebut mengalami kerusakan.

Biro Investigasi Keamanan : Badan Administrasi yang dibentuk sebagai Biro Eksternal Departemen Kehakiman. Bertugas untuk menginvestigasi kelompok yang memiliki kemungkinan untuk melakukan tindakan kekerasan yang merusak (misalnya teroris), Kemudian memberikan instruksi untuk membatasi atau membubarkan aktivitas kelompok yang dinilai perlu ditertibkan. Kemudian bila dirasa perlu, Informasi yang didapat melalui investigasi diserahkan pada badan yang berkaitan dengan pemerintah, seperti Kantor Perdana Menteri, dan dimanfaatkan untuk Kebijakan Administrasi Negara.


Biro Keamanan Federasi Rusia (FSB) : Organisasi yang menjamin keamanan Negara Federasi Rusia. Kegiatan utama menanggulangi kegiatan spionase dan mengatasi kejahatan. Dalam aktivitasnya, FSB sendiri dikabarkan juga kadang melakukan Kegiatan Spionase. FSB juga disebut penerus Peran KGB yang telah lenyap.


Cacar : Penyakit menular berbahaya yang diakibatkan oleh Virus Variola. Menular melalui percikan lendir dan sentuhan. Menyebabkan demam tinggi, timbulnya bintik-bintik di sekujur tubuh dan banyak juga yang meninggal karenanya. Setelah sembuhpun, bintiknya masih membekas. Penyakit ini kabarnya telah lenyap dari muka bumi karena vaksinasi cacar yang digalakan oleh WHO (Organisasi Kesehatan Dunia)


Cyber Terrosism : Aktivitas perusakan skala besar yang dilakukan pada network komputer seperti internet. Menyebabkan kerugian melalui tindakan perusakan dan pembocoran informasi melalui penggantian data dan penyebaran virus.

Gedung Putih Amerika dan kantor pemerintahan Pusat di Jepang juga pernah mengalami kerugian, seperti pengubahan terhadap Homepage mereka.
Saat ini, kepolisian mengambil tindakan pencegahan terhadap Cyber Terrorism, seperti mengorganisis Cyber Force.

Ebola : Demam yang menimbulkan pendarahan yang timbul di beberapa daerah, seperti di Afrika. Sumbernya dari virus. Cara penularan dan induk semangnya di alam tidak jelas. Penyakit ini menular melalui darah, cairan tubuh, dan kotoran penderitanya. Gejala awal seperti influenza, berupa demam, sakit kepala, dan sakit otot, kemudian menyebabkan pendarahan dan keadaan shock yang mampu mengakibatkan kematian.


KGB : Singkatan dari Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnoti (Komisi Keamanan Negara) di Uni Soviet.

Kegiatannya mencakup pengawasan kelompok Oposisi, penjagaan perbatasan Negara, dan kegiatan Spionase di luar dan dalam negeri. Dibubarkan pada tahun 1991 dan setelah itu menghilang.

LAN : Jaringan yang memungkinkan perpindahan data melalui kabel seperti Fiber Optik yang menghubungkan komputer, printer, dan perangkat lainnya dalam suatu wilayah tertentu, misalnya dalam suatu Gedung.


LAN Nirkabel (Wireless LAN) : LAN yang mampu melakukan pengiriman dan penerimaan data melalui transmisi nirkabel. Setiap terminal memerlukan Wireless LAN card dan melakukan transmisi melalui unit perantara yang disebut Base Station.


Motion Camera : Kamera yang mendeteksi gerakan dan memotret sumber gerakan melalui sinyal inframerah. Dengan memasang motion camera yang kemudian dihubungkan ke Komputer dan ponsel, pemasang juga dapat memastikan perubahan di dalam rumahnya melalui gambar, meski sedang berada di luar rumah.


Outbreak / Pandemik : Keadaan dimana muncul penderita penyakit menular yang luar biasa banyak dalam wilayah luas berskala Dunia. Contoh pandemik misalnya flu spanyol pada tahun 1918, flu Asia pada tahun 1957, virus SARS pada tahun 2003, dan flu burung. Kasus flu Spanyol tahun 1918 disebut sebagai penularan berskala sangat besar, dimana jumlah penderita yang tertular mencapai lebih dari 1/4 populasi Manusia di Dunia dan menelan lebih dari 20 juta jiwa.


Rangkaian Basa : Barisan berurutan dari empat jenis basa yang berisi informasi genetika dalam DNA (yang juga disebut sebagai gambar rancangan mahluk hidup). Informasi genetika yang timbul ditentukan oleh urutan pada rangkaian ini.


Super Komputer : Komputer berkecepatan sangat tinggi yang dipakai untuk melakukan perhitungan sains dan teknik yang berskala besar. Dipakai juga untuk perancangan dan simulasi pada bidang Penerbangan, Gedung pencakar langit, dan pembuatan obat.


Trojan Horse : Program yang dinamai berdasarkan Mitos Yunani. Melakukan aktivitas perusakan, seperti menyusup ke Komputer dengan memalsukan wujudnya, menghapus, atau menyebarkan data ke Luar Komputer.


Vaksin : Substansi yang memberikan kekebalan pada organisme untuk mencegah penyakit menular. Dibuat dari patogen penyebab penyakit menular dengan cara melemahkan atau menghilangkan sifat racunnya.


Virus : Mikroorganisme yang menjadi penyebab penyakit menular. Merupakan salah satu jenis mikroorganisme paling sederhana, terbungkus oleh cangkang protein. Karena tak dapat hidup sendiri, virus menjadi parasit pada hewan, tumbuhan, dan bakteri untuk hidup dan berkembang biak.


Wideband Receiver : Peralatan Penerima sinyal yang mampu menerima gelombang berfrekuensi antara 1 sampai 1.300 MHz dalam suatu wilayah yang sangat luas. Karena mampu menangkap sinyal dalam wilayah luas


StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright 2011 Metal Blogspot - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore