Menentukan Taktik Yang Tepat Dalam Bermain Sepakbola

Bagaimana menentukan taktik yang tepat?
Taktik apakah yang tepat untuk dipilih? Dalam sepakbola, pertanyaan ini tentu saja tidak gampang untuk dijawab.
  • Taktik Tim – Pengertiannya
Taktik tim adalah hal-hal atau instruksi yang diberikan oleh pelatih untuk dilakukan oleh setiap pemain sepakbola dalam bermain menghadapi lawan mereka. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa saling pengertian setiap pemain kapan untuk menyerang dan kapan untuk bertahan. Taktik ini tentu saja harus selalu dilakukan dalam latihan dan berjalan sesui dengan rencana pelatih agar pemain dapat menerapkannya dalam pertandingan yang sebenarnya.
  • Apakah Taktik yang terbaik untuk sebuah tim sepakbola
Permainan sepakbola adalah permainan yang sangat kompleks. Tidak ada satupun taktik yang benar-benar bisa diterapkan dalam permainan walau sudah sering dilatih. Pelatih memiliki tanggung jawab untuk menentukan taktik yang akan digunakan bagi timnya walaupun terkadang taktik tersebut tidak berjalan sesuai rencana dalam pertandingan sebenarnya, apakah karena instruksi pelatih pada saat pertandingan atau juga karena situasi yang terjadi dalam pertandingan yang memaksa para pemain merubah taktik yang telah ditentukan pelatih sebelumnya.
  • Sebelum bertanding, bagaimana menentukan taktik permainan?
1. Bagaimana Kemampuan Tim.
Apakah kekuatan atau kelebihan yang dimiliki sebuah tim sepakbola dan dimana letak kekurangannya? Tipe pemain seperti apa yang dimiliki oleh tim tersebut. Dalam hal ini pelatih harus mampu menentukan taktik bermain sepakbola yang memanfaatkan kelebihan timnya dan juga menutupi kelemahan timnya pada saat bertanding nantinya.

2. Bagaimana Kemampuan Tim Lawan
Selain mengetahui kelebihan dan kelemahan timnya, setiap pelatih juga harus menganalisa kelebihan dan kelemahan tim yang akan dihadapi. Hal ini akan membantu pelatih sepakbola untuk memberikan instruksi kepada pemain-pemainnya bagaimana mengatasi kelebihan tim lawan dan memanfaatkan kelemahan yang dimiliki tim lawannya.

3. Membandingkan Kemampuan Kedua Tim
Setelah melakukan 2 hal di atas, pelatih tentu saja sudah memiliki gambaran seperti apa kemampuan yang dimiliki oleh timnya dan tim lawannya. Sehingga pelatih dapat memberikan instruksi dalam latihan bagaimana cara untuk mengeluarkan kelebihan yang dimiliki timnya, menutupi kekurangan yang dimiliki timnya dan disaat yang bersamaan memberikan cara untuk meredam kekuatan lawan dan bagaimana cara untuk memanfaatkan kelemahan yang dimiliki lawannya untuk memenangkan pertandingan. Sehingga pada saat pertandingan yang sebenarnya, para pemain tidak akan kebingungan untuk menentukan taktik yang mereka gunakan dalam bermain.

4. Dimana pertandingan dimainkan
Tempat pertandingan dilangsungkan juga bisa menentukan taktik yang digunakan. Pada pertandingan kandang, biasanya pemain akan lebih bersemangat karena mendapat tambahan moral dari dukungan penonton fanatic mereka, tentu saja pelatih dapat memberikan instruksi untuk menggunakan taktik yang lebih mengandalkan sepakbola menyerang.
Terkadang taktik yang telah dilatih sebelum pertandingan tidak dapat berjalan sesuai dengan rencana pada pertandingan yang sebenarnya. Seringkali perubahan ini terjadi karena sebuah tim sudah tertinggal atau kemasukan gol lebih dulu, ada pemain yang terkena cidera, ada pemain yang terkena kartu merah dan hal-hal lainnya. Dalam hal ini pelatih biasanya sudah memiliki taktik cadangan yang disiapkan untuk mengatasi hal-hal yang diluar dugaan yang terjadi dalam pertandingan sepakbola.


StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright 2011 Metal Blogspot - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore