10 Presiden AS Terkaya

Hari ulang tahun Washington atau kerap lebih dikenal dengan Presidents Day, merupakan hari besar yang dirayakan rutin setiap tahun oleh hampir seluruh masyarakat di benua Amerika Serikat. Di tahun 2012, hari Presiden, jatuh hari Senin (20/02) lalu.

Meski tak semua negara bagian merujuk hari kelahiran Presiden Pertama AS, George Washington, beberapa negara bagian justru memperingati hari kelahiran Abraham Lincoln.


Bukanlah latar belakang atau asal-usul terjadinya Washington's Day atau Presidents Day yang akan saya paparkan dalam artikel ini, melainkan besarnya tingkat kekayaan (rangking) yang dimiliki oleh seluruh Presiden yang pernah memerintah negeri Paman Sam dari masa ke masa.


Tingkat kekayaan yang dimiliki oleh para presiden AS dari periode pertama hingga kini,diharapkan menjadi rujukan bagi para petinggi negeri kita.


Di AS, sebelum seseorang menjabat menjadi "petinggi", umumnya mereka sudah lebih dulu ber-uang. Gelar jutawan lokal sudah diraih jauh hari sebelum resmi menduduki berbagai kursi penting dalam pemerintahan.


George Washington, presiden pertama AS, memiliki kekayaan lebih dari setengah milyar dolar AS hari ini. Sementara presiden lainnya justru mengalami kebangkrutan.


Tingkat kekayaan Presiden Amerika
berkaitan erat dengan kondisi perekonomian kala itu. Tak mengherankan jika beberapa presiden di awal terbentuknya Negara federal AS -sejak era Washington hingga 75 tahun kemudian - berprofesi sebagai Tuan Tanah (landowners).

Penghasilan utama para presiden AS kala itu berasal dari hasil mengolah tanah, tanaman dan spekulasi atas hasil komoditas. Tentunya kegiatan produktif para presiden kala itu rawan terhadap hasil panen yang buruk dan serangan hama menjadi ancaman utama penghasilan mereka. Tak jarang para presiden terdahulu kehilangan hampir seluruh uangnya beberapa tahun hanya gara-gara gagal panen.


Pada tahun 1850, sejarah finansial para presiden AS memasuki babak baru. Dimulai dari Presiden Millard Fillmore (Presiden ke-13) yang memerintah sejak 1850 sampai 1853, dan berjuluk "The American Louis Philippe", berprofesi sebagai Pengacara pada satu firma hukum lokal.


Tentunya penghasilan yang diperoleh oleh Millard berasal dari gaji bulanan dan jarang mampu mengumpulkan kekayaan dalam jumlah besar. Presiden Millard berasal dari kelas menengah, serupa dengan Millard tercatat beberapa presiden AS yang juga berasal dari kelas menengah di antaranya yakni Buchanan, Lincoln, Johnson, Grant, Hayes dan Garfield.


Di penghujung abad ke-19 hingga awal abad 21, terdapat perubahan mencolok pada perekonomian AS, tentunya juga merubah "kelas" Presiden AS. Di era tersebut, Presiden terpilih berprofesi sebagai professional korporasi terutama mereka yang bergelut pada bidang perminyakan, pertambangan, keuangan dan pengusaha kereta api Large, sehingga memungkinkan bagi mereka, Presiden AS terpilih mampu mengakumulasi kekayaan dalam jumlah yang besar.


John Fitzgerald "Jack" Kennedy (JFK), Presiden AS ke-35 dikenal memiliki kerajaan bisnis minyak yang dibangun oleh Joseph Kennedy. Sedangkan Herbert Hoover, Presiden AS ke-31, kerap menghasilkan jutaan dolar sebagai pemilik perusahaan pertambangan. Memang, sejak awal abad 20, nasib presiden, termasuk Theodore Roosevelt, Franklin D. Roosevelt, John F. Kennedy dan kedua Bush, terstimulasi oleh kekayaan yang berasal dari warisan.


Disarikan dari berbagai sumber, kami sajikan 10 Presiden AS Terkaya, yang dihitung berdasarkan asset, estimasi tabungan berdasarkan riwayat kerja, warisan, rumah dan nilai bersih atas royroyaltyku serta kepemilikan beberapa perusahaan dan hasil panen.


1. George Washington, Presiden AS Pertama (1789 - 1797)

Nilai Kekayaan Bersih senilai: $ 525,000,000
Washington memiliki perkebunan Virginia, Mount Vernon, terdiri dari lima peternakan terpisah seluas 8.000 hektar lahan pertanian utama, yang dijalankan oleh lebih dari 300 budak. Istrinya, Martha Washington, mewarisi properti yang signifikan dari ayahnya. Gajinya senilai 2% dari anggaran total US pada tahun 1789.

2. Thomas Jefferson (1801 - 1809), Presiden AS Ke-3

Nilai Kekayaan Bersih senilai: $ 212,000,000
Jefferson memiliki 3.000 hektar dan beberapa lusin budak peninggalan ayahnya. Monticello, rumahnya berada di perkebunan seluas 5.000 hektar di Virginia, adalah salah satu keajaiban arsitektur pada masanya. Jefferson mencetak uang yang cukup besar dalam berbagai posisi politik sebelum akhirnya menjadi presiden, tapi terperosok dalam utang menjelang akhir hidupnya.

3. Theodore Roosevelt (1901 - 1909), Presiden AS Ke-26

Nilai Kekayaan Bersih senilai: $ 125,000,000
Lahir dari keluarga terkemuka dan kaya, Roosevelt menerima dana perwalian yang cukup besar. Dia kehilangan sebagian besar uangnya pada usaha peternakan di Dakota dan harus bekerja sebagai penulis untuk membayar tagihan. Roosevelt menghabiskan sebagian besar masa dewasa di pelayanan publik. Rumahnya 235-hektar, Sagamore Hill, dan memiliki beberapa real estat paling berharga di Long Island.


4. Andrew Jackson (1829 - 1837), Presiden AS Ke-7

Nilai Kekayaan Bersih senilai: $ 119,000,000
Sementara waktu Jackson dianggap berhubungan dengan kelas menengah Amerika, Jackson diam-diam menjadi salah satu presiden terkaya tahun 1800. "Old Hickory" menikah dengan kekayaan dan menghasilkan uang di militer. Memiliki Wisma The Hermitage, termasuk 1.050 hektar real estate. Selama hidupnya, ia memiliki sebanyak 300 budak. Namun akhirnya Jackson terlilit utang yang cukup besar di kemudian hari.


5. James Madison (1809 - 1817), Presiden AS Ke-4

Nilai Kekayaan Bersih senilai: $ 101,000,000
Madison adalah pemilik tanah terbesar di Orange County, Ia menguasai lahan sebesar 5.000 hektar dan kebun Montpelier. Dia membukukan kekayaan signifikan sebagai Sekretaris Negara dan presiden. Madison kehilangan uang pada akhir hidupnya karena runtuhnya bisnis perkebunannya.


6. Lyndon Baines Johnson (1963 - 1969), Presiden AS Ke-36

Nilai Kekayaan Bersih senilai: $ 98.000.000
Ayah Johnson kehilangan semua uang keluarga ketika LBJ masih kecil. Seiring waktu, ia mengumpulkan 1.500 hektar di Blanco County, Tex, termasuk rumahnya, yang disebut "Texas White House." Dia dan istrinya memiliki sebuah radio dan stasiun televisi di Austin, Texas, dan memiliki berbagai kekayaan moderat lainnya, termasuk ternak dan pesawat pribadi.

7. Herbert Clark Hoover (1929 - 1933), Presiden AS Ke-31

Nilai Kekayaan Bersih senilai: $ 75 juta
Yatim piatu, Hoover dibesarkan oleh pamannya, seorang dokter. Dia menghasilkan banyak uang sebagai seorang eksekutif perusahaan pertambangan. Dia memiliki gaji sangat besar selama 17 tahun dan memiliki kepemilikan yang luas di perusahaan pertambangan. Hoover menyumbangkan gaji presiden untuk amal. Dia juga dimiliki "Hoover House" di Monterey, California


8. Franklin Delano Roosevelt (1933 - 1945), Presiden AS Ke-32

Nilai Kekayaan Bersih senilai: $ 60.000.000
Kekayaan Roosevelt datang melalui warisan dan pernikahan. Dia memiliki harta 800-acre di Springwood, Georgia, Maine dan New York. Pada tahun 1919, ibunya harus menyelamatkan Roosevelt dari kesulitan keuangan. Dia menghabiskan sebagian besar masa dewasanya dalam pelayanan publik. Sebelum menjadi presiden, Roosevelt ditunjuk asisten sekretaris dari Angkatan Laut oleh Presiden Wilson.


9. William Jefferson Clinton (1993 - 2001), Presiden AS Ke-42

Nilai Kekayaan Bersih senilai: $ 38.000.000
Tidak seperti presiden lainnya, Clinton tidak mewarisi kekayaan apapun dan memperoleh kekayaan bersih sedikit selama 20 tahun masa kariernya dalam usaha pelayanan publik. Setelah mencapai Gedung Putih, Clinton mendapatkan penghasilan yang besar sebagai penulis dan pembicara publik. Clinton menerima kemajuan yang besar untuk otobiografi. Istrinya, yang saat ini sebagai Menteri Luar Negeri di Era Pemerintahan Obama, juga telah menerima uang sebagai penulis.


10. John Fitzgerald Kennedy (1961 - 1963), Presiden AS Ke-35

Nilai Kekayaan Bersih senilai: $ 1 miliar dolar (mewarisi kekayaan ayahnya)
Terlahir dalam keadaan memiliki kekayaan besar, istri Kennedy adalah pewaris minyak. Ayahnya adalah salah satu orang terkaya di Amerika, serta ketua pertama dari SEC.


StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright 2011 Metal Blogspot - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore