Cara Menjalankan Fungsi Ping

 
Untuk menjalankan fungsi Ping ini sebenarnya cukup mudah, kita bisa melakukan dengan membuka Command prompt melalui Start kemudian pilih Run. Ketikkan cmd kemudian pilih Ok.

Selanjutnya pada panel Command prompt kita ketikkan perintah ping, yaitu:
ping www.nama web.com (data akan dikirimkan 3 kali saja, setelah itu muncul hasil tes)

Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa paket data yang dikirimkan (Sent) 3, dan kembali (Received) 2, berarti ada data hilang (Lost) 3.
Tetapi jika kita ingin melakukan tes terus menerus, maka perintah ping-nya ditambah –t:
ping www.nama web.com –t

Nama web disini sebenarnya bebas bisa alamat web apa saja, tapi disarankan untuk memilih web yang mempunyai server stabil (sebagai contoh yahoo), atau bisa juga server lain yang kebetulan sedang kita akses (sebagai contoh kita sedang membuka Facebook, maka yang kita ping adalah www.facebook.com –t).
Untuk mengakhiri perintah ping ini kita bisa menekan CTRL + C (tekan tombol Ctrl dan huruf C)
Seperti telah saya sampaikan di atas, kita bisa melihat perbandingan antara kita melakukan Ping atau tidak pada ikon koneksi yang ada di System tray (pojok kanan bawah monitor), jika kita lakukan Ping maka kedua gambar ikon komputer tersebut akan terus menyala, sebaliknya jika kita tidak melakukan Ping, maka gambar ikon komputer tersebut akan mati keduanya atau hanya menyala salah satu bergantian.

Dengan melakukan Ping ini, diharapkan koneksi internet kita bisa berjalan relatif lebih stabil dibandingkan sebelumnya. Fungsi Ping ini juga diterapkan pada software Internet Speed Booster.

Sekian Ilmu dari Metal Blogspot Semoga Berguna

Terima kasih anda telah membaca Artikel “ILMU TKJ” di Metal Blogspot, karena tulisan yang ada di atas semua sumbernya dari buku Pelajaran TKJ Milik  Admin Metal Blogspot yang di dapat di sekolahan SMK MUHAMMADIYAH 2 BANJARMASIN



StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

1 komentar:

  1. hehe.. boleh juga.. tapi apabila menggunakan modem yang "-t" itu hanya akan menganggu SSL nya, nnti akan time out (biasanya)
    lebih baik ping dengan cara Name Seever saja.. lebih mudah dan cepat...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright 2011 Metal Blogspot - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore