Menghilangkan Rasa Letih Dalam Belajar

Keletihan artinya berkurangnya energi seseorang untuk melakukan sesuatu. Saya abiz baca di perpustakaan. Kebetulan saya menemukan buku yang cukup MENARIK. Buku itu menjelaskan cara untuk mengatasi kesulitan belajar. Cuma bahasa dari buku yang saya baca itu agak susah. Makannya saya buat agar bahasa nya lebih muda. Mudah-mudahan anda bisa mengerti.

Rasa letih dalam hal ini pasti pernah anda rasakan saat sedang belajar. Jangankan anda, saya pun sering merasakan letih ketika belajar dikelas. Apalagi, jenis pelajaran yang waktu itu diajarkan sama sekali tidak menarik minat saya sehingga rasa letih pun semakin terasa.



Saya yakin anda pasti juga pernah
mengalami hal seperti diatas.


Rasa letih seperti itu memang menjadi musuh no.1 dalam kegiatan belajar anda. Beberapa Faktor yang menyebabkan rasa letih itu muncul ialah :


  • Tidak suka pada pelajaran yang diajarkan.

  • Adanya rasa enggan untuk mempelajari pelajaran tersebut.

  • Tidak ada motivasi dalam belajar.

  • Dan masih banyak lagi.

Sudah tahukan penyebab rasa letih itu?! Setelah anda mengetahui penyebab rasa letih itu, apa yang akan anda lakukan selanjutnya? Membiarkan rasa letih itu terus mengjangkiti anda? Atau, mencari cara bagaimana menghilangkan rasa letih itu?

Tentunya anda menginginkan agar penyakit belajar itu bisa hilang dari diri anda. Lagi pula, tidak ada yang menginginkan rasa letih terus mengganggu kegiatan belajar anda?

Ok langsung aja, lalu bagaimana cara menghilangkanrasa letih itu?

Memang rasa letih bisa dihilangkan. Tapi tidak bisa dihilangkan secara permanen. Harus ada upaya terus menerus agar rasa letih itu bisa hilang. Kalau anda berhenti berupaya, maka penyakit itu bisa datang lagi. Karena itulah penyakit ini tidak bisa dihilangkan secara permanen.
Beberapa upaya yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan rasa letih ialah meningkatkan PERHATIAN, mengembangkan MINAT, serta menumbuhkan MOTIVASI dalam diri anda. Ehm... biar lebih jelas akan saya uraikan satu-persatu.

PERHATIAN
Salah satu cara untuk menghilangkan rasa letih yach dengan meningkatakan PERHATIAN. Sebelum itu, apa anda tahu apa sich PERHATIAN itu? tau gak? PERHATIAN adalah pengerahan tenaga psikis dan fisik untuk fokus pada hal tertentu. Berarti PERHATIAN dalam hal ini adalah mengerahkan tenaga dan pikiran kita untuk fokus dalam belajar. Kalau kita ingin meningkatkan perhatian dalam belajar, yach tentunya pelajaran itu harus bisa menarik PERHATIAN kita bukan?
Gak usah bolak-balik! Lalu bagaimana
caranya supaya belajar itu bisa menarik PERHATIAN kita?
Ho-ho!!! Pada gak sabaran yach (^_^). Ok inilah cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan PERHATIAN dalam belajar :
  • Antusias dan Cinta pada pelajaran.Untuk menumbuhkan rasa ini, anda harus yakin kalau pelajaran yang anda pelajari akan sangat berguna nantinya. Misalnya, anda membenci pelajaran Matematika. Yakinkan pada diri anda kalau belajar Matematika itu akan bermanfaat, meskipun manfaatnya belum anda rasakan sekarang. Tapi yakinlah bahwa Matematika itu akan berguna di dunia kerja. Maka dengan itu antusias dan cinta pada pelajaran Matematika akan berkembang. Begitu juga pada pelajaran yang lain.
  • Punya target untuk dicapai. Tentukan target anda dalam belajar. Misalkan, bila anda sedang belajar Matematika. Targetkan bahwa anda akan mendapat nilai di atas 5 saat ulangan. Dengan begitu, mungkin anda akan lebih bersemangat karena mempunyai target yang harus dicapai. Sebaiknya, jangan membuat target yang sulit dicapai. Buatlah target yang mudah dan bisa membuat anda bersemangat.
  • PEDE. Tau kan kepanjangan kata itu?! Yup, belajar itu memang harus PEDE. Kalau tidak PEDE, tentu kita gak yakin pada kemampuan diri sendiri. Pokoknya Positive Thinking aja.
  • Punya cita-cita.Tentu punya kan!? kalau punya, tanamkan dalam sanubari anda bahwa belajar itu bisa membantu anda untuk mencapai cita-cita yang dinginkan. Dengan ini, akan ada dorongan semangat untuk memperhatikan setiap pelajaran. Karena bila anda tidak memperhatikan setiap pelajaranya, mustahil cita-cita yang anda impikan bisa digapai. Kalau belum punya cita-cita. Tentuin dari sekarang donk!!
Nah itulah cara meningkatkan PERHATIAN kita dalam belajar. Simple kan. Kalau gitu coba terapkan ketika sedang belajar. Siapa tahu PERHATIAN anda meningkat.
 


StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright 2011 Metal Blogspot - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore