Gaya Bermain Dalam Pertandingan Sepakbola

Selain menentukan formasi permainan, seorang pelatih sepakbola juga harus mampu menentukan gaya bermain dari timnya. Setiap pelatih tentu saja memiliki gaya bermain sepakbola yang berbeda yang diterapkan di dalam timnya. Ada yang menerapkan serangan balik, sepakbola langsung atau direct football dan lainnya.

Counter Attack
Tujuan dari gaya sepakbola yang mengandalkan counter attack atau serangan balik adalah memanfaatkan kesalahan lawan yang kehilangan bola. Ketika tim lawan menyerang tentu saja sebagian besar pemain mereka berada di daerah tim lawannya dan meninggalkan celah di daerah pertahanan, sehingga pada saat kehilangan bola mereka akan kesulitan untuk menghadang lawannya yang telah merebut bola dan menyerang balik kea rah gawang mereka. Gaya sepakbola ini biasanya dilakukan oleh tim-tim yang memiliki tipe pemain yang memiliki kecepatan berlari yang tinggi untuk membawa bola ke gawang lawan.

Possesion Football (Menguasai bola selama mungkin)
Tim yang menggunakan gaya possession football selalu berusaha untuk menahan bola dalam penguasaan bola selama mungkin. Setiap pemain biasanya melakukan operan-operan pendek dan umpan satu dua dari daerah pertahanan sendiri secara perlahan dan membawa bola ke daerah pertahanan lawan. Gaya bermain sepakbola seperti ini akan memancing tim lawan untuk keluar dari daerahnya dan berusaha merebut bola, hal inilah yang dimanfaatkan untuk menembus pertahanan lawan dengan melakukan umpan-umpan terobosan ke daerah kotak penalty. Gaya sepakbola ini juga dikenal dengan istilah “tiki taka”. Tim yang konsisten bermain dengan gaya sepakbola ini adalah Tim Nasional Spanyol dan klub sepakbola Barcelona.

Direct Football
Gaya bermain direct football adalah setiap pemain tidak perlu berlama-lama menguasai bola. Setiap pemain biasanya langsung melakukan tendangan jarak jauh atau umpan panjang ke daerah pertahanan lawan. Gaya permainan ini juga sering mengandalkan kecepatan dan kelincahan pemain-pemain sayap dalam menyisir sisi pertahanan lawan dan memberikan umpan silang ke daerah kotak penalty lawannya. Gaya sepakbola direct  football biasanya digunakan oleh klub-klub yang bermain di Liga Primer Inggris yang disebut dengan istilah “kick anda rush

StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright 2011 Metal Blogspot - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore