Penyebab Terjadinya Tsunami

Nah Metal Blogspot Ingin memberikan Pengetahuan Tentang anda Semua tentang "Penyebab Terjadinya Tsunami". Nah Para Meta Bollizer masih ingatkah anda dengan kejadian tsunami di aceh 8 tahun silam ?
Di akhir tahun 2004 seluruh dunia berduka oleh gempa Aceh dan Tsunami yang melanda negara-negara sepanjang lautan india. Nah Mari kita baca Penyebab Terjadinya Tsunami Hanya di Metal Blogspot Cekidot !!!

Tsunami dapat terjadi jika terjadi gangguan yang menyebabkan perpindahan sejumlah besar air, seperti letusan gunung api, gempa bumi, longsor maupun meteor yang jatuh ke bumi. Namun, 90% tsunami adalah akibat gempa bumi bawah laut. Dalam rekaman sejarah beberapa Tsunami di Akibatkan oleh gunung meletus, misalnya ketika meletusnya Gunung Krakatau. 
  1. Gempa bumi merupakan salah satu sebab utama yang biasanya menghasilkan Tsunami. Tsunami Akan terhasil, apabila dasar lautan dengan tiba-tiba berubah kedudukan sehingga menyebabkan air begetar kuat. gempa bumi tektonik adalah gempa bumi yang biasanya menyebabkan perubahan pada kerak bumi : apabila gempa bumi terjadi di dasar lautan, air yang berada di kawasan kejadian akan berubah dari kedudukan seimbangnya. apabila kawasan dasar laut yang berubah kedudukan (Terangkat atau Turun) cukup luas, maka Tsunami akan terhasil.
  2. Gerakan Vertikal pada kerak bumi dapat mengakibatkan dasar laut Naik dan Turun secara tiba-tiba, sehingga mengakibatkan gangguan keseimbangan air yang berada di atasnya. Hal ini mengakibatkan terjadinya aliran energi air laut, yang ketika sampai di pantai menjadi gelombang besar dan mengakibatkannya Tsunami. Gerak Vertikal ini dapat terjadi pada patahan bumi atau sesar. Gempa Bumi juga banyak terjadi di daerah subduksi, di mana lempeng samudra menelusup kebawah lempeng banua
  3. Tanah Longsor di dasar laut. tanah longsor yang terjadi di dasar laut serta runtuhan gunung api juga dapat mengakibatkan gangguan air laut yang dapat menghasilkan tsunami. demikian pula halnya dengan benda kosmis atau meteor yang jatuh dari atas. jika ukuran meteor atau longsor ini cukup besar, maka dapat terjadinya MEGATSUNAMI yang tingginya mencapai ratusan meter.
Sekian Pengetahuan dari Metal Blogspot semoga berguna !

Terima Kasih anda telah membaca Artikel di atas. sumbernya ane dapat dari Buku Pengetahuan.



StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright 2011 Metal Blogspot - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore