Barcelona Cetak Sejarah Tim Sepakbola Terbaik

Dalam sejarah sepakbola kita bisa menemukan tim-tim hebat macam Ajax, AC Milan dan Manchester United yang punya masa kejayaan, tetapi Barcelona telah memenangkan segalanya, dan pemain-pemain mereka telah mengantarkan Spanyol memenangkan Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010.

Tim yang diracik Pep Guardiola mungkin tim sepak bola terbaik dalam sejarah. Mengagumkan melihat bagaimana mereka bermain, bagaimana mereka mengumpan bola, catatan mengagumkan dilihat dari statistik ball possession dan umpan-umpan Lionel Messi dkk. juga bagaimana mereka bertahan. Itu menakjubkan.

Berdasarkan infromasi dari banyak media, Barcelona mencatat ball possession tertinggi di antara semua kontestan Liga Champions musim ini dengan prosentase 73,4%. Los Cules*juga menjadi tim dengan ball possession tertinggi di La Liga. Bayern Munich menjadi tim dengan ball possession tertinggi kedua setelah Barca dengan 61,5%. Terakhir kali Barcelona mencatat penguasaan bola di bawah 50% adalah lawan Werder Bremen pada Desember 2006 lalu dengan prosentase 43,5%.

Barca konsisten dengan pergerakan pemain dan penguasaan bola umpan pendek dari kaki ke kaki, atau yang dikenal dengan istilah tiki-taka. Di Liga Primera musim 2011-2012, Barca mencatat statistik fantastis 747 passsing per pertandingan, lebih banyak 200 passing dari semua tim di lima liga utama Eropa (Arsenal mencatat rata-rata 530 passing per pertandingan).

Barca jarang memainkan bola di daerah pertahanan sendiri. Di Liga Champions, Barca hanya 12% melakukan ball possession pada sepertiga lapangan daerah sendiri, sisanya 61% ball possession Barca dilakukan di tiga perempat lapangan, termasuk daerah lawan, tertinggi di antara semua tim Liga Champions musim ini.

Maestro lapangan tenah Barcelona yang bermain gemilang musim ini dengan rata-rata 122 umpan per pertandingan di Liga Champions, 34 passing lebih banyak dari semua pemain (Bastian Schweinsteiger mencatat 88 passsing). Pada laga penuh terakhirnya di La Liga lawan Levante, Xavi mencaatat 175 umpan dalam satu pertandingan. Menurut statistik Opta, ini merupakan jumlah passsing terbanyak sejak musim 2006/07.

Melihat permainan Barca berarti anda melihat “pemain esktra”, pemain tersebut adalah Dani Alves. Bek sayap asal Brasil yang total mencatat 796 sentuhan bola di daerah lawan, terbanyak di Liga Champions musim ini. Ia hanya kalah dari Lionel Messi dan Xavi. Intuisi menyerang Dani Alves menjadi amunisi alternatif Barca di daerah pertahanan lawan.

Barcelona bisa sukses, salah satunya karena menggunakan jasa pemain hasil didikan akademi sendiri. Itulah kenapa mereka menjadi sangat kuat. Selain itu, filosofi dan gagasan mereka tentang sepak bola adalah yang terbaik. Mereka adalah alasan kenapa Spanyol menjuarai Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010. Lionel Messi sejauh ini adalah yang terbaik di dunia. Pemain yang paling berpengaruh untuk tim.


StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright 2011 Metal Blogspot - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore