Arti Nama Motor-Motor Yamaha


V-XION


XEON

MIO


BYSON

Apalah arti sebuah nama. Bagi beberapa kalangan nama mungkin dianggap tidak penting, tapi bagi Yamaha, setiap nama memiliki arti. Begitu pula setiap line up motor yang mereka punya.

Setiap motor yang dimiliki Yamaha selalu memiliki sejarah unik baik di namanya maupun dalam hal pencarian nama tersebut. Terkadang sebauh nama didapat dengan cara yang unik mulai dari ketika memandang langit hingga melihat film kartun.

Sebagai contoh nama Xeon menurut Assistant General Manager Technical Support PT Yamaha Motor Kencana Indonesia Muhammad Abidin didapat ketika dirinya sedang menonton film kartun bersama sang anak.

"Xeon saya dapat ketika saya sedang menonton bersama anak saya. Ketika itu ada tokoh kartun yang pakai sinar laser sebagai senjata. Dia selalu teriak Xenon, saya pikir nama itu bagus juga. Biar lebih bagus gimana kalau huruf 'n' yang ada di tengah dihapus," ungkapnya.

Sebelum di technical support Yamaha, Abidin mengurusi product planning yang memang mengurusi rencana pembuatan motor baru. Dia di divisi itu sampai tahun 2008.

Sementara Mio menurut Abidin diambil dari bahasa Italia yang bila diartikan
secara kasar berarti cantik. "Karena awalnya Mio kan memang dikhususkan buat wanita," imbuh Abidin.

Sedangkan Vega menurut Abidin lagi-lagi didapat ketika menonton sebuah film. Kali ini film yang ditonton bercerita tentang seorang wanita yang sanggup menemukan sebuah bintang baru yang kemudian diberi nama Vega.

"Dari situ kita dapat inspirasi. Yamaha itu hidup dari mimpi dan varian bebek
dua-duanya memang berorientasi ke langit. Seperti Vega ini dan Jupiter. Jupiter merupakan planet terbesar dan karenanya kita mau Jupiter series kita menjadi sebuah produk yang besar pula," tandas Abidin.

"Sementara Lexam kita ambil dari kata Luxury yang berarti mewah. Ada juga
padanan nama latinnya yakni Lavamentum yang artinya mewah dan comfort," ujarnya.

Namun ada kesalahan kecil di barisan motor sport Yamaha. Bila kakak tertua
menggunakan nama binatang seperti Scorpio yang mampu menyengat dan sang adik memiliki nama Byson yang mampu menyeruduk, motor injeksi Yamaha malah bernama V-xion yang tidak berhubungan dengan binatang.

"Kalau V-xion awalnya kita mau nama yang dulu pernah bocor (Viper). Tapi sudah keburu ketahuan dan lagi nama itu sudah dipegang Dodge, kita sebenarnya mau urus namanya, tapi ya sudahlah ganti nama yang benar-benar baru saja. Karena itu terpilih V-xion yang diambil dari kata vision. Dengan V-xion kita ingin tunjukkan visi dan komitmen Yamaha di sisi teknologi," paparnya.


StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright 2011 Metal Blogspot - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore