2050 Pemanasan Global Akan Berkurang Signifikan

Tenaga Surya dan Angin
Tenaga surya dan angin diperkirakan akan memasok 80 persen kebutuhan energi dunia
SUMBER Metal Blogspot.energi terbarukan seperti tenaga surya dan angin diperkirakan akan memasok 80 persen kebutuhan energi dunia pada tahun 2050 mendatang, sekaligus mengurangi pemanasan global secara signifikan.Metal Blogspot
Kesimpulan tersebut disampaikan melalui laporan ilmuwan dalam ajang Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) PBB, di Uni Emirat Arab awal Mei lalu. Laporan tersebut juga menyatakan perlunya investasi yang lebih besar dan diterbitkannya kebijakan yang mendukung integrasi penggunaan sumber energi terbarukan dalam jaringan listrik yang ada.
Menurut para penyusun laporan, pemanfaatan sumber energi terbarukan terus meningkat sementara ongkos produksi semakin menurun. Dengan kebijakan yang tepat, momentum ini bisa dimanfaatkan untuk memerangi perubahan iklim.Metal Blogspot
“Laporan tersebut menunjukkan, kebijakan publiklah yang akan menentukan perkembangan energi terbarukan pada dekade yang akan datang. Bukan ketersediaan sumber energinya,” kata Ramon Pichs, salah satu anggota penyusun laporan tersebut kepada Huffington Post.
Sumber energi terbarukan yang ditelaah dalam laporan itu adalah bioenergi, tenaga surya, panas bumi, tenaga air, tenaga laut, dan angin. Nuklir tidak termasuk dalam laporan itu.
Forum IPCC ini juga menekankan pentingnya pengurangan penggunaan energi tidak terbarukan berbasis fosil agar temperatur Bumi tidak meningkat dua derajat Celsius yang dapat memicu terjadinya bencana iklim.
Selain itu, IPCC juga mengingatkan besarnya investasi yang diperlukan dalam pengembangan infrstruktur energi terbarukan pada dua dekade mendatang. Jumlah investasi itu diperkirakan mencapai USD 1,5 triliun pada tahun 2020 dan terus meningkat hingga mencapai USD 7,2 triliun dari tahun 2020 hingga 2030.


StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright 2011 Metal Blogspot - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore