Ada Simbol Angka di Mata Mona Lisa, Apa Maksudnya?


REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Misteri lukisan karya Leonardo Da Vinci, Mona Lisa seolah tak akan habis diperbincangkan. Diawal, para sejarawan dan peneliti menduga senyum khas Mona Lisa memiliki makna khusus. Kini, temuan terbaru mencatat adanya rahasia yang tersimpan dalam angka dan huruf kecil di dalam mata Mona Lisa. Tim riset mengungkap adanya kemungkinan bahwa angka dan huruf kecil itu sengaja disembunyikan oleh Da Vinci. Namun peneliti belum mampu mengungkap secara pasti apa maksud Dav Vinci menyembunyikan guratan yang tak terlihat secara kasat mata. Kesimpulan awal peneliti mengarahkan huruf kecil dan angka itu pada petunjuk tersembunyi Holy Grail.

Silvano Vinceti, Presiden Komite Nasional Italia untuk Warisan Budaya berpandangan simbol yang tersembunyi memang sulit untuk diketahui secara kasat mata. Namun simbol tersebut tampak jelas terlihat bila menggunakan kaca pembesar.

"Di mata kanan Mona Lisa tampak huruf LV yang mungkin merupakan insial si empunya karya. Sementara simbol di mata sebelah kiri belum juga diketahui secara pasti," papar Vinceti seperti dilansir Dailymail, awal pekan ini. Menurut dia, sangat mungkin huruf yang tersembuyi di mata sebelah kiri merupakan huruf CE atau bisa saja B.

"Dalam lengkungan jembatan di latar belakang terlihat nomor 72 atau bisa jadi huruf L dan angka 2. Anda harus ingat gambar berusia hampir 500 tahun ini tidak setajam lagi seperti pertama kali dibuat. Dari penyelidikan pendahuluan kami simpulkan bawa simbol-simbol tersebut tidak asal taruh oleh pembuatnya," papar Vincenti.

Dia menyakini Da Vinci menempatkan penekanan khusus pada Lisa Mona. Dan, imbuhnya, semua pihak tentu tahu Mona Lisa merupakan karya terakhir Da Vinci. "Kami juga tahu bahwa Da Vinci sangat esoteris. Siapa tahu, simbol-simbol itu mungkin menjadi pesan cinta dalam lukisan, " ujarnya.

Sebagai informasi, Vinceti adalah anggota dari sebuah kelompok yang meminta izin untuk menggali makam Da Vinci di Amboise Castle, Loire Valley, Perancis. Izin itu diajukan untuk mengetahui apakah si empunya Mona Lisa berusaha untuk menggambarkan wajahnya melalui sosok Mona Lisa. Kini, lukisan Mona Lisa menjadi salah satu koleksi nomor wahid di Museum Louvre, Prancis.


StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright 2011 Metal Blogspot - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore