WIdget-Widget Penting Untuk Blog


Sebagai seorang Blogger, pastinya kita menginginkan agar blog kita tampil Profesional. Tampil dengan desain yang mantab dan bisa menarik pengunjung. Namun, apakah desain atau tampilan blog yang anda pakai sehat untuk blog anda? Karena ada banyak widget yang mengandung banyak kerusakan atau error yang mungkin anda tidak tahu. Nah, kalau begitu, apa saja Widget-Widget Penting Untuk Blog anda agar blog anda tetap bagus dan sehat? Mari kita lihat satu persatu:
  1. Link Navigasi Horizontal
    Menu ini sangat penting. Namun faktor ini tidak lepas dari link RSS yang ada pada navigasi ini. Beri link ke Posts RSS dan Comments RSS agar membantu Search Engine mengakses blog anda.
    menampilkan posts rss dan comments rss pada blog
    Jika anda bingung, berikut link Posts RSS:
    http://www.deltanetkabunan.com/feeds/posts/default
    Dan berikut link Comments RSS:
    http://www.deltanetkabunan.com/feeds/comments/default
    Ganti URL yang bercetak tebal dan berwarna merah dengan URL blog anda.
  2. Artikel Terbaru
    Widget ini digunakan untuk mengarahkan pengunjung blog anda ke artikel terbaru sebelumnya milik blog anda. Juga bisa digunakan untuk menambah pageviews karena memperbanyak navigasi ke posting yang lainnya. Berikan link ke 5 artikel terbaru anda agar tidak terlalu banyak link yang ada pada homepage.
  3. Komentar Terbaru
    Digunakan untuk mengetahui komentar terbaru pada blog anda. Jadi, sebagai Administrator blog, anda bisa langsung merespon komentar terbaru yang muncul pada blog anda. Ini juga bisa digunakan untuk menghindari terjadinya Spamming pada komentar.
  4. Artikel Terkait dengan atau Tanpa Thumbnail
    Widget ini digunakan untuk memberikan navigasi ke artikel yang mempunyai tema yang sama, misal trik blog. Artikel tentu berhubungan satu dengan yang lain. Maka dari itu diperlukan widget ini untuk mempermudah akses ke artikel lainnya juga. Ada juga yang menggunakan thumbnail. Maksudnya adalah dengan menampilkan gambar sebagai pendukung. Untuk lebih jelas, anda bisa membacanya pada cara membuat artikel terkait dengan thumbnail.
  5. Widget Arsip (Archive)
    Widget ini mengelompokkan postingan dalam bulan tertentu. Misalnya mengelompokkan posting yang dilakukan bulan Januari, Februari, dan lain-lain. Namun, ada optimasi yang harus anda lakukan. Jangan asal menggunakan widget ini. Pilih model Flat List agar tidak ada Error pada blog anda dalam widget ini.
    optimasi widget arsip pada blog
  6. Social Bookmark
    Digunakan untuk mempublikasikan postingan anda ke layanan sosial yang tersedia dalam widget. Dengan klik, artikel anda akan secara otomatis dipromosikan lewat situs berbasis direktori dan ini bisa membawa manfaat yang baik, yaitu trafik blog anda akan bertambah dan posisi pada Google akan naik juga.
  7. Widget Langganan Artikel Melalui Feedburner
    Widget ini juga berguna, khususnya untuk mempermudah pembaca blog anda mendapatkan info terbaru pada blog anda melalui email. Setiap artikel yang muncul pada blog anda akan secara otomatis masuk pada email pelanggan Feedburner anda. Ini menjadi cara tersendiri bagi blog anda untuk lebih terkenal.
  8. Kumpulan Link ke Posting terdahulu
    Untuk hal ini, anda bisa menggunakan widget HTML/Javascript dengan berbagai model, seperti scroll link list atau tab view. Berikan di dalamnya link yang mengarah ke postingan anda terdahulu. Ini digfungsikan agar artikel yang paling lama masih terdeteksi dan bisa dijangkau dengan mudah.
  9. Statistik
    Widget ini berfungsi untuk memberikan informasi tentang perkembangan blog anda, mulai dari PageRank hingga Alexa Rank. Anda juga bisa menambahkan statistik yang lain seperti Statistik Pengunjung, Widget Online Visitor dan lain-lain. Asal jangan kebanyakan karena script yang terlalu banyak menimbulkan efek samping yang akan membuat blog anda semakin berat.
Di atas adalah widget yang sangat penting dan wajib anda miliki. Untuk tambahan dan tidak masuk dalam widget adalah suatu blog sebaiknya memiliki maksimal 100 URL yang ditampilkan pada homepage, dan homepage memiliki ukuran tidak lebih dari 100 Kb. Ini bisa dilihat dari tool online, yaitu Meta Tag Analyzer milik SEOcentro.
Dan juga anda tidak direkomendasikan memasang Widget Follower pada blog karena ternyata Widget tersebut mengandung banyak sekali pesan Error. Jika anda tidak percaya silakan cek blog anda pada URL berikut:

StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright 2011 Metal Blogspot - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore