'Salam Sata' Jari Anak Metal Penentang Iblis

Mereka merubah dan penentang band metal yang beraliran setan. Dan, itu dilakukan dengan 'salam satu jari' yang melambangkan ke- Esaan tuhan...  
Salam satu jari.../ Dok.Salam satu jari.../ Dok.
Apa yang terlintas di benak Anda ketika melihat sekumpulan anak muda penggemar musik cadas seperti grindcore, death metal, brutal core ataupun trash metal? Alkohol, seks bebas, atau narkoba... Mmm, stigma itu mungkin menjadi hal yang lumrah menimpa penikmat musik beraliran keras tersebut. Memang, seperti itu yang kerap terjadi.
Upss, jangan salah ya! Saat ini ada loh, komunitas undergroud yang mencoba mengikis stigma negatif itu, 'Salam Satu Jari' nama komunitasnya. Mereka adalah anak band underground yang mencoba melawan westernisasi yang tidak sesuai dengan akidah Islam dan budaya di Indonesia.  
“Alkohol dan drugs itu kan sudah menjadi budaya barat. Nah untuk anak metal di Indonesia juga harus menunjukkan jati dirinya dong jangan mengekor seperti mereka,” jelas Mohammad Hariadi Nasution atau biasa disapa dengan Ombat, orang yang pertama kali mempopulerkan salam satu jari.
Satu jari!/ Dok.Satu jari!/ Dok.Salam satu jari muncul berawal dari sebuah acara yang di beri nama Urban Garage Festival, sebuah konser musik metal yang khusus diperuntukkan untuk korban kemanusiaan di Palestina.
Nah, saat itu, Ombat yang juga sebagai vokalis Tengkorak (band bergenre grindcore) tiba-tiba saja membuat salam metal baru yang tadinya dua jari yakni jari telunjuk dan kelingking, menjadi satu jari yang bermaknakan tauhid atau satu Tuhan.
Dipilihnya salam satu jari, memang bukannya tanpa sebab, karena menurutnya, salam dua jari yang selama ini digunakan oleh anak-anal metal, sebenarnya merupakan simbol dari pemujaan setan.
“Sedangkan makna salam satu jari adalah kita selaku umat Muslim selalu ingat akan Allah Yang Maha Esa, Laailaha Illallah, bahwa kita hanya membela Islam tidak yang lain,” kata Ombat . 
Ombat/ Foto: Novri TNOLOmbat/ Foto: Novri TNOLTanpa disadari, yang semulanya salam satu jari ini hanya digunakan untuk salam metal akhirnya bermetamorforsis menjadi sebuah gerakan komunitas metal muslim yang selalu menjunjung nilai-nilai keislaman. Penyebarannya pun hingga kepelosok-pelosok daerah, mulai dari Medan, Makassar, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan kota lainnya. 
“Sebenarnyan, gerakan ini, sudah dinanti-natikan oleh banyak penikmat musik underground, karena mereka sadar betul bahwa selama ini mereka telah menggunakan simbol-simbol yang menjauhkan diri dengan Tuhan mereka,” jelas pria yang juga berprofesi sebagai pengacara ini.
'Salam Satu Jari' dalam kegiatan/ Dok.'Salam Satu Jari' dalam kegiatan/ Dok.Menurut Ombat, konsep satanisme yang banyak digunakan oleh band-band metal saat ini sebenarnya adalah kreativitas (aksi panggung) para band-band metal terdahulu. Nah, lantaran band metal terus berkembang dan makin banyak orang yang menyukai jenis musiknya, akhirnya sebagian orang akhirya 'memelintirkannya' sehingga tanpa disadari telah menggunakan simbol-simbol yang menyekutukan Tuhan.
”Ini sebenarnya penjajahan cara baru yang digunakan zionis dan kaum sekuler untuk menjauhkan anak-anak muda dari agama,”ungkapnya.
Diakui Ombat, pihaknya sempat mendapat cibiran dan cemooh seputar salam satu jari ini, mereka dianggap melawan arus kebiasaan yang kerap di lakukan anak-anak underground. Tidak hanya itu, mereka pun kerap dianggap mencoba menyebarkan nilai-nilai Islam kepada anak-anak underground.
Komunitas ini, juga kerap memberikan support terhadap event-event musik komunitas underground. Dan, jangan kaget ya, saat event musik undergound berlangsung biasanya mereka akan mengumandangkan takbir di sela-sela acara. Tidak hanya itu, mereka juga tak segan-segan menghentikan acara, saat azan berkumandang untuk melaksanakan sholat berjamaah. (Sbh)



StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

1 komentar:

  1. Wuihhh kereenn, salam satu jari juga omm :D

    oh iyaa, om, gan, bro/sist.. yg mau Official T-shirt Helloween dr BDG Kaos, invite aja yaa pin nya di 3277882C
    kunjungi facebooknya di Bandung Kaos dan Bandoeng Kaos, follow twitternya di @bandoengkaos

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright 2011 Metal Blogspot - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore