Telah Terungkap Misteri Leluhur Gurita Dan Cumi-Cumi

Telah Terungkap Misteri Leluhur Gurita Dan Cumi-Cumi. Fosilisasi mahkluk kecil, leluhur baru Cephalopoda (cephalopod) dua tentakel. Hasil penelitian terbaru menyatakan bahwa beberapa kerabat awal gurita, cumi-cumi dan sotong modern (pada hari ini) hanya memiliki dua tentakel dan berukuran tidak lebih dari jari kelingking anak-anak.

Sebelumnya, para ilmuwan tidak tahu ke mana menempatkan Nectocaris pteryx di pohon keluarga karena spesies ini dikenal hanya dari satu fragmental fosil hasil fosilisasi yang buruk dari 505 juta tahun lalu yang digali di Burgess Shale, British Columbia, kata Jean-Bernard Caron, paleontolog dari Royal Ontario Museum di Toronto.


"Spesimen ini memiliki beberapa karakteristik arthropoda (arthropods) dan beberapa chordates, kelompok yang termasuk vertebrata. Tak ada yang tahu bagaimana cara untuk mengklasifikasikannya," kata Caron.


welcome to my world
Telah Terungkap Misteri Leluhur Gurita Dan Cumi-Cumi

Kini, setelah mengamati lebih dari 90 fosil tambahan, termasuk banyak dari mereka yang lebih lengkap dan lebih baik terawetkan, Caron dan koleganya Martin Smith menyarankan di Nature, bahwa Nectocaris dekat pada pohon keluarga Cephalopoda.
Kelompok tersebut termasuk gurita dan cumi-cumi pada hari ini, serta makhluk yang telah lama punah seperti Ammonites dan Belemnites. Spesimen baru yang digali dari formasi Burgess Shale sejak tahun 1984 di sebuah lokasi di mana fosil Nectocaris pertama kali ditemukan pada awal abad yang lalu.

Fosil baru menunjukkan bahwa dua tentakel Nectocaris memiliki panjang rata-rata kurang dari 4cm dari ujung ke ujung. Tentakel fleksibel memiliki tekstur permukaan yang meningkatkan kemampuan untuk memahami dan memanipulasi mangsa, menyokong lebih dari setengah panjang makhluk itu.

Nectocaris memiliki sirip yang fleksibel untuk berlari dengan panjang tubuhnya, otot pinggiran menyokong jaringan yang sama dengan ikan sotong modern. "Bentuknya sangat mirip cumi-cumi," kata Caron.

Tidak seperti cumi pada hari ini, Nectocaris tampaknya tidak memiliki paruh yang keras. Terlebih lagi, tidak ada fosil sisa radula, sebuah lidah kasar yang ditutupi dengan struktur gigi kecil, tetapi beberapa spesies cumi modern tidak memiliki radulae. Pada Nectocaris, radula mungkin telah begitu kecil sehingga sulit memfosil.


"Kurangnya fitur radula pada Nectocaris membuat sulit untuk menafsirkan cephalopoda" pada spesies ini, kata Stefan Bengtson, paleontolog di Swedish Museum of Natural History di Stockholm. "Studi lebih lanjut harus mencoba untuk memilah apakah radula benar-benar kecil atau hanya tidak mencolok," kata Bengtson.


Sisi positifnya, meskipun Nectocaris satu sport fitur yang hanya ditemukan di cumi yaitu jaringan tabung siphonlike yang digunakan untuk mengalirkan air secara langsung, sebuah versi dunia binatang menggunakan propulsi jet.


Ketika spesimen pertama Nectocaris direkonstruksi pada tahun 1976, penyedot dianggap sebagai perisai pelindung di atas bagian tubuh, satu alasan bahwa spesies ini awalnya dianggap berkaitan dengan arthropoda. Tapi spesimen fosil baru menunjukkan bahwa siphon di bagian bawah makhluk itu fleksibel dan dapat bergerak dalam hampir segala arah, kata Caron.


"Aktivitas menyedot menunjukkan bahwa makhluk ini tinggal di tengah dan tidak di dasar air," kata Amélie Scheltema, biolog kelautan di Woods Hole Oceanographic Institution di Massachusetts yang mengkhususkan diri dalam invertebrata. Terlepas dari adanya sebuah siphon, Scheltema megatakan dengan hati-hati bahwa Nectocaris adalah cumi purba. "Kami benar-benar membutuhkan info lebih lanjut sebelum kami tahu persis di mana menempatkan mereka dalam percabangan," ujar Scheltema.


StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright 2011 Metal Blogspot - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore