Asal Muasal Bajak Laut

Asal muasal Bajak Laut itu sendiri mulai ada pada abad ke-17. Namun, menurut sejarah kuno, Bajak laut sudah ada sejak abad ke-3, yaitu munculnya Bajak Laut asal Yunani Kuno dan Romawi Kuno (pernah dengar yang namanya The Viking, The Sea People dan The Saxon…? Jadi inget film Pathfinder, yah!) Kala itu, keadaan kapal dan segala perlengkapannya masih bemum memadai. Kenapa para Bajak Laut itu kebanyakan suka mencuri dan merampas hasil bumi dan juga kapal-kapal lain yang berpapasan ketika sedang berlayar?



Hal itu mereka lakukan karena dilihat dengan kondisi yang mengkhawatirkan pada zaman itu. Mereka sangat sulit untuk mendapatkan bahan makanan, dan hal itu pula yang membuat mereka menjadi hidup bebas dan memilih untuk hidup dari merampas hak dari orang dan kapal lain. Juga ditunjang dengan tidak adanya hokum yang berlaku dalam hal pelayaran, maka mereka pun tidak segan-segan untuk membunuh, menyiksa bahkan membantai seluruh awak kapal lain selain tentunya merampas semua barang dan harta bendanya.
Gimana dengan Flying Dutchman ??
Dia adalah suatu Legenda nama Kapal Laut Hantu dari Bajak Laut terkenal yang berasal dari Belanda pada kisaran abad ke-17 dan dipimpin oleh seorang Kapten Belanda bernama Bernard Fokke atau Kapten Ramhout van Dam atau juga Kapten Hendrik van der Decken, dan kapal tersebut mengarungi lautan dunia untuk menemukan jalan pulang kembali ke negaranya dengan mengarungi 7 lautan samudra namun tidak pernah ada kabar kalau kapalnya sampai ke negara asalnya. Diceritakan, kalau Flying Dutchman pernah mengarungi seluruh samudra di muka bumi (katanya, termasuk juga sempat melewati lautan Indonesia pada waktu itu) dengan kecepatan yang ga masuk akal, luar biasa cepat, bahkan ada berita menyebutkan kalau dia itu dibantu oleh para setan dan iblis untuk mengarungi lautan dan samudra.
Udah banyak saksi yang melihat kalo mereka sudah pernh berpapasan dengan Flying Dutchman ketika berlayar. Pengalaman tersebut sudah ada sejak tahun 1920-an sampai pada masa Perang Dunia Ke-2, kisaran tahun 1944-an.
Berikut adalah nama-nama para Kapten bajak Laut yang terkenal dan di-record dalam sejarah dunia.
1. Francis L’ollonais – asal Prancis dan terkenal paling kejam juga sangat ditakuti karena sering menyembelih para korbannya.
2. Great Escape – asal Portuguese, pernah ditangkap namun berhasi kabur daripenjara dengan menggunakan gentong besar sebagai perahu. Doi ga bisa berenang soalnya!
3. Reluctant Star – Dia terpaksa menjadi Bajak Laut karena sebagai tindakan balas dendam setelah kapalnya dirompak oleh Bajak laut lain.
4. Not So Bad Pirate – asal Inggris dan salah satu Bajak Laut terkejam dan tersadis juga. Tindakannya ga jauh beda dengan Francis L’ollonais, menyembelih korbannya dan memakannya setelah dimasak seperti layaknya daging sapi atau ayam.
5. Sir Henry Morgan – asal Inggris dan tidak begitu kejam namun juga suka membantu negaranya berperang melawan penjajah.
6. Mysterious Monster – asal daratan Amerika ini gosipnya pernah memiliki 14 istri.
7. Captain Kidd – asal Scotlandia ini terpaka menjadi perompak karena tekanan dari para awak yang ganas.
8. Barber Pirate – asal Hong Kong yang profesi sebelumnya sebagai tukang cukur, namun setelah bergabung dengan armada bajak laut, dia dengan mudahnya mendapat posisi sebagai Kapten.
9. Dashing Naval Hero – asal Amerika ini sebenarnya bukan Bajak Laut, tapi Komandan Angkatan Laut Amerika.
10. Jean Lafitte - asal Amerika dan sebenarnya dia juga bukan bajak laut, tapi hanya seorang pemimpin peneludupan budak dan barang-barang illegal.
11. Pirate With Parrot – tokoh bajak laut ini sering dikisahkan dalam novel, film, drama, teater dll, dengan penampilan bermata dan ebrkaki satu ditemani seekor burung kakak tua yang cerewet.
12. Captain Hook – Tokoh fiksi bajak laut yang terkenal karena berperang dengan Peter Pan ini diilhami dari bajak laut asli bernama Captain Edward Hook.
13. Mary Read – asal Inggris dan merupakan bajak laut wanita pemberani yang sering berperang membela pasukan Angkatan Laut dan darat Inggris dan terkenal lebih berani dibandingkan bajak laut pria.
14. Anne Bonny – asal Inggris dan juga bajak laut wanita yang akhirnya bersahabat dengan Mary Read dan sama-sama pernah berhasil kabur dari hukuman mati. Juga sama-sama menyamar sebagai pria dengan berpakaian dan bertingkah laku layaknya pria walau akhirnya ketahuan juga dan ditangkap.
15. Ching Shih - asal dataran China dan paling ditakuti di seluruh lautan dan perairan China.
Sekarang tinggal nunggu tanggal 23 Mei aja, yah! Kira-kira gambaran dari berbagai macem dan karakter dari Bajak Laut yang diatas, ada ga kira-kira yang sama atau setidaknya ga beda jauh dengan Captain Jack Sparrow, atau bahkan beda jauh?


StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright 2011 Metal Blogspot - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore