Cara Mengetahui Usia Mouse

Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Mouse memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.

Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan Mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, Mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).
Bentuk Mouse yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan Mouse satu tombol.
Mouse
Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.
Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan Mouse memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya Mouse model ini diperuntukkan bagi penggemar video game. 
 
Nah, tahukah anda bahwa mouse itu memiliki umur batas penggunaan???
Pengalaman ane tadi siang beli mouse baru karena yg lama sudah rusak.
Saat ane melihat kemasan beberapa mouse, ane tertarik dg sebuah informasi yg ada disana. Salah satunya mengenai umur mouse ini.

Coba perhatikan contoh gambar ini
 

Resolution: 1000DPI
Scanning frequency: 3000FPS
The number of key: 3
Touch pressure switch: 70-80g
Key life: > 2.000.000 times
Wheel life: > 2.000.000 times
Operating voltage: 5V
Operating current: <100mA
Chip: Sunplus C2165

Nah, maksud umur mouse yakni yg "key life" sama "wheel life" serta "Touch Pressure". Disini menunjukkan, mouse ini memiliki usia klik lebih dari 2.000.000 kali klik, namun, angka ini cukup memberi pesan bahwa kemungkinan setelah 2.000.000 klik, mouse akan rusak atau mungkin tidak bisa digunakan. Seperti mouse ane yg sebelumya, klik kanannya sudah tidak berfungsi.

Usia mouse ini juga dipengaruhi oleh cara menekan mouse, tekanan di atas menunjukkan mouse mampu menahan beban seberat 70-80g saja. Biasanya para gamers yg asyik maen game hingga mousenya ditekan berlebihan. Akibatnya mouse agan sekalian akan cepat rusak.




StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright 2011 Metal Blogspot - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore